SEJARAH ISO
Konsultasi gratis: QAInteraktif, email: rekaide(at)yahoo(dot)com
Gambar: Anggota pendiri ISO (source: Wikipedia).
SEJARAH ISO
§ ISO (International Organization for Standardization) adalah badan organisasi standarisasi internasional yang bertugas membuat standard
§ ISO berasal dari bahasa Yunani ISOS yang artinya Equal atau SAMA. Di mana pun negara dan apa pun bahasanya, penerapan standard harus sama.
§ Membantu industri dan organisasi dunia agar bisa mencapai suatu hasil yang lebih efektif dan effisien yang proses bisnisnya dipahami bersama.
§ ISO didirikan di Inggris pada tahun 1947. Saat ini Sekertariat ISO berkedudukan di Genewa, Swiss. Mulanya keanggotaan ISO terdiri dari perwakilan 25 Negara yang tergabung dalam Institute of Civil Engineer di London yang ditugaskan untuk membuat keseragaman standard.
§ Saat ini anggotanya lebih dari163 negara dengan 3335 Technical Body.
§ ISO telah menerbitkan lebih dari 19000 Standard yang mencakup hampir seluruh aspek teknologi untuk kepentingan bisnis.
PRODUK ISO YANG POPULER
ISO 9000 : Sistem Manajemen Mutu - Dasar-Dasar dan
Kosa Kata
ISO 9001 : Sistem Manajemen Mutu - Persyaratan
ISO 9004 : Sistem Manajemen Mutu - Panduan untuk
Peningkatan Kinerja
ISO 10013 : Pedoman untuk mengembangkan manual mutu
ISO 14000 : Sistem Manajemen
Lingkungan
ISO 17020 : Quality Management
System for Inspection Body
ISO 17025 : Quality Management
System for Laboratory Testing
OHSAS 18001: Safety Management
System
ISO 19011 : Pedoman audit sistem manajemen mutu dan
lingkungan
ISO 22000 : Food Safety
Management System
ISO 22301 : Business Continuity
Management System
ISO 26000 : Guideline Corporate
Social Responsibility
ISO 31000 : Guideline Risk
Management
ISO 50000 : Energy Management
System
PENGERTIAN UMUM ISO 9000
v Merupakan Series sistem mutu yang diterbitkan oleh ISO
v Yang terdiri dari ISO 9000,9001 dan 9004
v Standar untuk sistem mutu, bukan produk/spesifikasi teknik
v Persyaratan sistem mutu memuat “ apa yang harus di miliki”
v Dapat diterapkan di semua jenis industri tetapi memerlukan interpretasi dan pengalaman
v Sebagai kerangka untuk pengendalian manajemen agar lebih efektif dan efisien
KEUNGGULAN ISO
• Telah diakui secara luas di seluruh dunia sebagai tools yang efektif untuk pengendalian manajemen organisasi
• Untuk Peningkatan pemahaman organisasi mengenai pentingnya mutu dan memudahkan pekerjaan
• Peningkatan efektifitas operasi dengan memiliki pandauan, prosedur operasional baku
• Peningkatan pengendalian terhadap dokumen dan rekaman/arsip
• Dapat menghindari kesalahan dalam pekerjaan yang berakibat komplain
• Meningkatnya ‘quality image’ organisasi di mata pelanggan
SASARAN ISO
• ISO 9000 ditujukan kepada Organisasi yang bertujuan / berkeinginan untuk :
Ø menunjukkan kemampuannya secara konsisten dalam menyediakan produk.
Ø memenuhi persyaratan pelanggan dan peraturan yang berlaku.
Ø mencapai kepuasan pelanggan melalui penggunaan sistem secara efektif, termasuk proses untuk peningkatan berkelanjutan dan jaminan kesesuaian dengan persyaratan pelanggan dan peraturan yang berlaku.
PENERAPAN ISO 9001
• ISO 9000 dapat diterapkan pada semua jenis organisasi :
• Besar maupun kecil;
• Industri jasa ataupun pabrikan/manufaktur;
• Usaha swasta, Institusi/Lembaga pemerintah, BUMN/BUMD, Koperasi, Sekolah maupun organisasi masyarakat/LSM.
• Penerapan Standar ISO 9000 dapat dilakukan pada :
• Satu Proses produksi/layanan untuk satu jenis produk/jasa.
• Suatu bagian/unit kerja tertentu.
• Keseluruhan Organisasi
• Penerapan Standar ISO 9000 tidak tergantung pada jumlah personel ataupun volume kerja yang dilakukan, tetapi lebih memperhatikan proses-proses yang dijalankan oleh organisasi.
MANFAAT MENERAPKAN ISO 9001
• Penghargaan
• Diakui secara International
• Peningkatan status (‘image’) organisasi
• Hasil Produk / Layanan lebih kompetitif
• Standarisasi
• Sistem terdokumentasi dalam Prosedur, Instruksi Kerja & dokumen pendukung lainnnya
• Kualitas Proses, Produk & Sumber Daya yang terkendali dan konsisten
• Pencapaian Sasaran Organisasi
• Pengendalian Biaya
• Peningkatan Produktivitas
• Perbaikan Lingkungan dan Budaya Kerja
ALASAN UTAMA MENGAPA ORGANISASI HARUS MENERAPKAN ISO 9001
• Untuk mendapatkan “pajangan di dinding”
• Untuk memenuhi persyaratan tender yang meminta persyaratan sertifikasi
• Untuk menunjukkan kepelanggan bahwa kita telah berupaya memenuhi kepuasan pelanggan
• Untuk menjalankan bisnis dengan profesional lebih efisien dan efektif
• Untuk mengendalikan bisnis organisasi
• Untuk memastikan perbaikan yang terus-menerus
• Untuk menjadi bisnis ‘kelas dunia’
• Untuk menjadi yang terdepan dalam kompetisi
• Untuk memenuhi konsensus internasional dalam ‘good business practice’
• Untuk memastikan bahwa SMM dibangun guna memenuhi kebutuhan bisnis

Komentar
Posting Komentar