Operasional SNI ISO 9001:2015

 
 
Diagram utuh untuk menunjukkan persyaratan yang diminta dalam klausul 8. Kita akan perinci satu per satu di bawah ini.
 
 
 
 
 

 
Persyaratan Operasional klausul 8.1-8.2 dapat dipenuhi dengan cara memastikan organisasi telah menjawab berbagai poin sebagai berikut:

-          Persyaratan apa saja  untuk memenuhi kebutuhan pasar dan pelanggan

-          Spesifikasi apa yang telah di tetapkan

-         Apakah spesifikasi sudah sesuai dengan harapan pelanggan

-          Proses apa yang di jalankan

-           Kontrak review,  loket pemeriksanaan awal , dll

-          Proses seperti apa  yang digunakan untuk berkomunikasi dgn pelanggan ( medsos, dll)

-          Informasi  produk dan jasa ( web, brosur, dll)

-          Bagaimana penanganan komplain stakeholder

 

 
 

Persyaratan Operasional klausul 8.3-8.4 dapat dipenuhi dengan cara memastikan organisasi telah menjawab berbagai poin sebagai berikut:

-          Spesifikasi apa yang telah di tetapkan 

-         Risiko apa saja yg di identifikasi

-         Bagaimana kriteria di jalankan,

-         Kapan harus di periksa , di validasi, inspeksi,

-         Bagaimana  data hasil pemeriksaan ini di komunikasikan

-         Mampu telusur  hasil pekerjaan bagaimana di jalankan,

-         Hasil pekerjaan sebelum diserahkan kepada pengguna jasa, proses apa yang di jalankan?

-          Identifikasi Risiko External provider

-           Feedback penilaian / grading / score

-           kriteria seleksi, evaluasi dan re evaluasi

-          Catatan dan rekaman external provider

-           Persyaratan SMM, 5 M,

-           Monitoring performance external provider

-           Persyaratan prosedur, peralatan dan proses external provider

 



 

Persyaratan Operasional klausul 8.5 dapat dipenuhi dengan cara memastikan organisasi telah menjawab berbagai poin sebagai berikut:

-          Apakah sudah dikembangkaan prosees baraang dan jasa yang diberikan/dihasilkan oleh organisasi?

-          Apakah sudah dibuat mekanisme kontrol untuk proses tersebut?

-           Apakah sudah dibuat mekanisme alih proses ke personil atau bagian tertentu yang digunakan untuk mengantisipasi jika ada cacat pelayanan?

 

 


Persyaratan Operasional klausul 8.6 dapat dipenuhi dengan cara memastikan organisasi telah menjawab berbagai poin sebagai berikut:

-          Apakah pelayanan sudah terjamin ?

-          Prosedur yg digunakan apakah sudah sesuai?

-           Apakah pengendalian telah di laksanakan ?

-           Apakah 5 M sudah dikendalikan ?

-           Pencegahan karena human error, penyalahgunaan prosedur regulasi sdh dijalankan ?

-           Validasi proses apakah sudah dilakukan?

-          Bagaimana identifikasi dilakukan dan mampu telusur dipastikan?

 -          Bagaimana proses handling dan proteksi hasil pelayanan/ jasa diterapkan?

 -          Identifikasi risiko post delivery apakah sudah dijalankan?

-           warranty, jaminan, final disposal apakah sudah ditentukan?

 


Persyaratan Operasional klausul 8.7-8.8 dapat dipenuhi dengan cara memastikan organisasi telah menjawab berbagai poin sebagai berikut:

-        Bagaimana penyerahan hasil proses handling dan proteksi hasil pelayanan/ jasa kepada pengguna jasa?

-        Siapa yang berhak/ memiliki otoritas untuk menyerahkan hasil proses handling tersebut?

-         Bagaimana jasa yang masuk golongan Non-conformity  dikendalian ?

-         Apa jenis dan nature Non Conformity dan Actions yang harus dijalankan serta kewenangannya diberikan kepada siapa?

-         Bagaimana dengan pelaksanaan repair, re-grade, use as it is, dll?

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manajemen Risiko Berbasis SNI/ISO 9001:2015

SEJARAH ISO

CONTOH WORKSHEET - MATRIKS KOMUNIKASI